Iron Outside, Iron Inside

Zat besi dalam darah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh sangat penting buat Anda. Agar diet tetap berjalan tanpa harus meninggalkan unsur zat gizi di dalamnya, ada baiknya Anda pertimbangkan petunjuk diet kaya zat besi berikut:

 

Makan Kentang Plus Kulitnya
Jangan kupas potong-potong saja! Kulit kentang yang selama ini sering Anda abaikan ternyata mengandung lima kali lipat zat besi dibanding daging kentangnya sendiri. Karena tingginya kadar zat besi ini, cobalah selalu menyertakan kentang bersama kulitnya dalam olahan masakan Anda.

 

Hindari Teh
Selain air mineral, teh juga kerap Anda pesan saat Anda makan. Jika ini sering Anda lakukan, coba mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Minum teh saat dan setelah makan sangat tidak dianjurkan karena kandungan tannic acid yang terkandung di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi.

 

Pilih Roti Gandum
Roti gandum atau whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti-oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding roti putih (roti biasa).

 

Jangan Jauhi Daging
Cobalah tetap berkawan dengan daging. Daging, entah itu daging sapi, ayam, dan ikan mengandung banyak zat besi. Begitu juga di dalam jeroan seperti hati, jantung, dan ginjal menyimpan segudang zat besi yang dibutuhkan tubuh.

 

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, dan buncis mengandung cukup banyak zat besi, selain tinggi protein. Dalam 100 gram kacang mengandung protein antara 8-17%, zat besi (1-5 mg) dan kalsium (14-102 mg).

 

Bayam
Masih ingat kartun Popeye yang menjadi “senjata” ibu Anda untuk memaksa Anda makan sayur saat kecil dulu? Seorang pelaut perkasa yang doyan menyantap sekaleng bayam. Ini bukan imajinasi pencipta karakter Popeye semata, karena ternyata bayam memang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Jadi, jangan ragu sertakan bayam dalam setiap daftar menu mingguan Anda.

 

Buah
Selain mengandung vitamin C, buah prune mengandung banyak zat besi yang lebih banyak dibanding apel dan pepaya. Dalam segelas jus prune terdapat 3 miligram zat besi.

 

Tiram
Jika selama ini tiram lebih dikenal sebagai makanan pendorong gairah seksual, ada baiknya Anda mulai memasukkan tiram dalam menu mingguan Anda karena tiram mengandung 4,7 miligram zat besi per gramnya.

2 Responses to “Iron Outside, Iron Inside”

  1. good article for you,

  2. good website for you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: