Konsumsi lemak siapa takut ?

Lemak merupakan salah satu kandungan di dalam makanan yang paling dimusuhi. Beberapa media dan organisasi kesehatan menganjurkan menghindari makanan berlemak tinggi untuk menjaga kesehatan. Di lain sisi, banyak sekali buku-buku diet yang justru menyuruh mengkonsumsi lemak, tidak peduli lemak apapun itu. Diet seperti ini menyarankan Anda mengkonsumsi lemak tetapi mengurangi karbohidrat seperti nasi dan roti. Sebagai hasilnya, Anda akan mengalami penurunan berat, namun senantiasa merasa lemas dan tetap tidak sehat. Setelah semua perdebatan di atas, muncullah pemahaman baru, dimana ada pembagian tipe lemak yaitu lemak yang sehat dan lemak yang buruk. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak buruk akan mengakibatkan Anda berakhir di ruang operasi jantung, sedangkan mengkonsumsi lemak baik terlalu sedikit akan merusak kesehatan Anda. Masalahnya tidak pada seberapa banyak Anda mengkonsumsi lemak, tetapi lemak jenis apa yang Anda konsumsi. Jadi mana lemak yang baik dan buruk untuk Anda?

Lemak Tak Jenuh Tunggal
Kebaikan :

Lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi jantung. Lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu membakar lemak jika dikonsumsi dalam porsi normal. Berita baik untuk para binaragawan adalah bahwa aktifitas latihan dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak tak jenuh tunggal sehingga tidak akan disimpan sebagai lemak di perut Anda.

Keburukan:
Tidak ada. Anda tidak akan menemukan ahli nutrisi yang melarang Anda untuk mengkonsumsi lemak baik ini.

Saran : Konsumsilah lemak tak jenuh tunggal dan kurangi lemak trans serta lemak jenuh untuk menjaga kesehatan Anda.

Dosis : Sekitar 10-15% dari porsi makan Anda dalam sehari.

Lemak Tak Jenuh Ganda
Kebaikan :
Sama dengan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh ganda membantu melawan penyakit jantung dan depresi. Juga mempunyai beberapa kebaikan untuk para binaragawan karena lemak jenis ini membantu mencegah pemecahan otot dan meningkatkan pertumbuhan otot. Lemak ini juga mempunyai efek anti peradangan sehingga dapat meningkatkan daya pulih bagi para binaragawan. Contoh dari lemak tak jenuh ganda adalah Omega-3 dan Omega-6.

Keburukan :
Walaupun Omega-6 baik untuk kesehatan Anda, tetapi banyak orang mengkonsumsi Omega-6 terlalu banyak daripada Omega-3. Terlalu banyak mengkonsumsi Omega-6 dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, jantung dan obesitas. Untuk para binaragawan, efek yang tidak diinginkan adalah berkurangnya massa otot dan daya pulih sendi.

Saran : Konsumsilah lemak Omega-3 lebihbanyak. Sumber Omega-3 adalah ikan salmon, sardin, makarel dan tuna. Konsumsi juga Omega-3

Dosis : 10-15% dari total kalori harian Anda.

Lemak Jenuh
Kebaikan :

Reputasi jenuh lemak sebagai pendongkrak tingkat kolesterol telah membuat lemak jenuh dimusuhi oleh semua ahli nutrisi. Namun penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi lemak jenuh tetapi mengurangi konsumsi karbohidrat maka kadar HDLnya meningkat, yang berarti baik. Tetapi jika Anda mengkonsumsi lemak jenuh dan karbohidrat dalam jumlah banyak, maka jumlah kolesterol dan LDL Anda akan meroket, dan ini sangat buruk bagi kesehatan. Maka konsumsilah lemak dalam jumlah secukupnya dan kurangilah karbohidrat.

Keburukan :
Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak maka kelebihan jumlah lemak jenuh di dalam diet Anda akan mengurangi fungsi insulin dan mengakibatkan tubuh menyimpan lemak lebih, yang pada akhirnya akan menganggu jantung Anda.

Saran : Konsumsilah lemak jenuh dalam jumlah kecil saja dan konsumsi karbohidrat kurang dari 1 gram per kilo berat badan Anda dalam sehari.

Dosis : 10% atau kurang dari kalori total harian Anda. Lebih baik jika Anda memilih mengkonsumsi lemak tak jenuh.

Lemak Trans
Kebaikan:

Tidak ada.

Keburukan:
Lemak trans mungkin dapat meningkatkan citarasa dengan membuat makanan lebih renyah dan gurih, tetapi lemak trans juga dapat membuat arteri tersumbat sehingga menjadi salah satu biang penyakit jantung, stroke dan diabetes. Untuk para binaragawan, lemak trans menghambat pertumbuhan otot dan mengaktifkan proses katabolik (pemecahan otot).

Saran : Hindari semua makanan jenis lemak trans seperti terdapat pada goreng-gorengan, chips, biskuit dan pastry.

Dosis : 0 gram per hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: